Header Ads Widget

KPK

6/recent/ticker-posts

Penerbitan Kartu Sidik Jari Hanya Sekali Jaga Dan Simpan Dengan Baik. Pesan Kaur Identifikasi




Karangasem, Rumus Sidik Jari merupakan salah satu syarat dalam mengurus Surat Keterangan Catatan Kriminal (SKCK) dalam melampiri syarat melamar sekolah atau pekerjaan. Syarat mutlak surat atau kartu sidik jari yang harus dimiliki dalam mencari SKCK sehingga bagi masyarakat yang sudah mengurus dan memiliki kartu sidik jari agar menyimpan kartu tersebut dengan baik agar tidak hilang.


Hal tersebut disampaikan oleh Kaur Identifikasi Sat Reskrim Polres Karangasem Ipda I Wayan Budiyasa saat melayani salah satu warga masyarakat yang meminta cetak kembali Kartu Sidik Jari yang hilang. 


Dalam kesempatan tersebut Ipda I Wayan Budiyasa menjelaskan bahwa penerbitan Kartu Sidik Jari tidak dipungut biaya dan berlaku selamanya sehingga harus disimpan dengan baik agar tidak hilang. Kartu Sidik Jari yang hilang maka proses pembuatan kembali dengan membuat laporan kehilangan  dangan demikian rumus sidik jari yang lama dinyatakan hangus agar tidak ada rumus sidik jari yang ganda atau adanya perbedaan rumus sidik jari. 


"Setiap penerbitan kartu sidik jari penomoran  melalui buku register sehingga bagi Kartu Sidik Jari yang hilang harus dibuat ulang," ucap Ipda I Wayan Budiyasa.


Syarat pembuatan kartu sidik jari yaitu foto copy KTP, Ijazah terakhir, KK, Akte kelahiran, past foto dengan pakai baju berkerah, latar belakang merah ukuran 4x6 sebanyak 2 lembar dan past foto 3x4 sebanyak 1 lembar," tutup Budiyasa. (Cahaya)