Header Ads Widget

KPK

6/recent/ticker-posts

Babinsa Kodim 1616/Gianyar Rutin Kunjungi Warga di Desa Binaan, Ingatkan Peternak Sapi Jaga Kebersihan Kandang Guna Cegah PMK




Gianyar - Babinsa Kodim 1616/Gianyar secara rutin melakukan pengecekan dan pengawasan terhadap hewan ternak milik warga maupun kelompok dalam rangka mengantisipasi dan mencegah wabah Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) di Wilayah Kabupaten Gianyar. Rabu (21/9/2022).


Seperti yang dilakukan oleh Babinsa Kemenuh Koramil 1616-05/Sukawati, Sertu Dewa Ketut Astana, yang mendatangi langsung kandang sapi milik warga maupun kelompok tani dan menghimbaukepada pemilik ternak agar melakukan pencegahan wabah PMK dengan menjaga kebersihan kandang dengan penyemprotan disenfektan atau deterjen, apabila ada ternak panas, nafsu makan turun, malas berdiri, mulut berbusa, luka pada mulut segera menghubungi Satgas PMK stempat untuk penanggulangan secara cepat agar penyebaran tidak semakin meluas.


Ditempat terpisah, Komandan Kodim 1616/Gianyar, Letkol Inf. Hendra Cipta, S,Sos.,  mengatakan pengecekan dan pengawasan  yang dilakukan oleh Babinsa untuk mengetahui kesehatan hewan ternak warga, termasuk sebagai langkah pengawasan penyakit mulut dan kuku jika ada yang menyerang hewan ternak sapi.


" Kami kerahkan para Babinsa di wilayah kita untuk turun langsung memantau kesehatan sapi di sejumlah peternakan yang ada. Tujuannya untuk mencegah wabah PMK dengan melihat langsung hewan peternak, kemungkinan adanya ciri-ciri hewan tersebut terjangkit virus PMK," ujarnya.


Dandim juga mengimbau kepada warga maupun kelompok peternak agar selalu menjaga kebersihan kandang dan kesehatan hewan ternaknya serta  Warga tidak perlu takut melaporkan ke Satgas PMK, jika didapati kesehatan hewan ternak sapinya dengan ciri-ciri keluar air liur berlebihan, lepuh, (lesi pada gusi), luka pada kuku  (kuku terlepas), lepuh pada mukosa mulut, lepuh  (lesi pada lidah). Pungksanya. (Cahaya)