Header Ads Widget

KPK

6/recent/ticker-posts

PEMBENTUKAN GRIYA ABHIPRAYA DI WILAYAH PROVINSI BALI, DIREKTORAT JENDERAL PEMASYARAKATAN GELAR RAPAT PEMBAHASAN KERJASAMA

 



DENPASAR - Selasa (04/10/2022), dalam rangka pembentukan Rumah Singgah “Griya Abhipraya” yang dikenal juga sebagai Rumah Kolaborasi Pemasyarakatan, sebagai wadah kolaborasi bagi pemberdayaan Kelompok Masyarakat Peduli Pemasyarakatan (Pokmas Lipas), Direktorat Jenderal Pemasyarakatan melalui Direktorat Bimkemas dan Pengentasan Anak  menyelenggarakan kegiatan Rapat Pembahasan Naskah Perjanjian Kerjasama Pengelolaan Griya Abhipraya, sekaligus Bimbingan Teknis Sumber Daya Manusia Pelaksana dalam Griya Abhipraya bertempat di Ruang Dharmawangsa Kanwil Kemenkumham Bali. Kegiatan tersebut dihadiri oleh Kepala Divisi Pemasyarakatan Kanwil Kemenkumham Bali, Koordinator Pembimbingan Dan Pengawasan Ditjenpas, Kepala Balai Pemasyarakatan Kelas I Denpasar beserta jajaran, Perwakilan Dinas Sosial Provinsi Bali dan Kota Denpasar, Perwakilan Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kota Denpasar serta Perwakilan Pokmas Lipas.  


Balai Pemasyarakatan Kelas I Denpasar menjadi salah satu UPT Balai Pemasyarakatan yang diberi amanat oleh Direktorat Jenderal Pemasyarakatan Kementerian Hukum dan HAM guna membentuk Rumah Singgah "Griya Abhipraya". Tentunya, pembentukan Rumah Singgah "Griya Abhipraya" ini memerlukan adanya dukungan dan sinergitas yang baik antara Bapas Kelas I Denpasar dengan Kelompok Masyarakat Peduli Pemasyarakatan (Pokmas Lipas) serta stakeholder terkait dan masyarakat.


Koordinator Pembimbingan Dan Pengawasan Ditjenpas, Dasep Rana Budi dalam sambutannya menyampaikan Wilayah Bali merupakan salah satu wilayah Piloting untuk pelaksanaan Program Prioritas Nasional Pemberdayaan Masyarakat Tahun 2022, yaitu program pembentukan Rumah Singgah atau lebih tepatnya dikenalkan sebagai Rumah Kolaborasi “Griya Abhipraya”.


"Kegiatan hari ini kami laksanakan dengan maksud untuk memberikan pendampingan kepada Bapas, Pokmas Lipas, Pemerintah Daerah serta Stakeholder yang akan terlibat dalam kegiatan layanan Griya Abhipraya sekaligus menyepakati tentang mekanisme pelaksanaannya melalui Perjanjian Kerjasama", ucap Dasep Rana Budi


Dalam sambutannnya, Kakanwil Kemenkumham Bali yang diwakili oleh Kepala Divisi Pemasyarakatan, Gun Gun Gunawan menyampaikan bahwa suatu kehormatan dan kebanggaan karena wilayah Bali ditunjuk sebagai tujuan pertama dalam pelaksanakan rangkaian Kegiatan Bimtek SDM dan Pembahasan Draft Naskah Kerja Sama Pembentukan Griya Abhipraya Tahun 2022. 


"Ini merupakan bukti bahwa Bali telah mampu melakukan pengembangan keanggotaan pokmas Lipas dan diharapkan mampu menjawab kebutuhan dan harapan dari tujuan Pemasyarakatan yaitu pulihnya kesatuan hubungan hidup, kehidupan dan penghidupan bagi Warga Binaan Pemasyarakatan", jelas Gun Gun Gunawan


Kepala Divisi Pemasyarakatan berharap melalui kegiatan ini dapat terwujudnya kolaborasi dan sinergitas antara Bapas, Pokmas Lipas, dan Pemerintah Daerah juga stakeholder lainnya, untuk saling menguatkan komitmen keterlibatan dan peran masing-masing dalam Griya Abhipraya.


"Saya mengucapkan terima kasih serta apresiasi kepada Pemerintah Daerah dan Pokmas Lipas dalam menjalin kerjasama dengan Bapas Kelas I Denpasar yang telah banyak melakukan pemberdayaan yang bermanfaat bagi Warga Binaan Pemasyarakatan. Semoga kerjasama yang telah terjalin dapat dipertahankan dan ditingkatkan sehingga memberikan manfaat bagi warga binaan pemasyarakatan untuk menjadi warga negara yang baik serta berkontribusi dalam membangunan bangsa", tutup Gun Gun Gunawan. (Cahaya)