Header Ads Widget

KPK

6/recent/ticker-posts

Penutupan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke - 116 Disertai Serah Terima Hasil TMMD

 



Gianyar- Bertempat di Lapangan Wibisana, Banjar Teruna Desa Siangan Kec/Kab Gianyar telah dilaksanakan kegiatan Upacara Penutupan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-116 TA.2023 dengan tema Sinergi Lintas Sektoral Mewujudkan Kemanunggalan TNI – Rakyat Semakin Kuat, Selaku Irup Danrem 163/Wira Satya Brigjen TNI Agus M. Latif dan Komandan Upacara Kasdim 1616/Gianyar Mayor Arh Pande Made Sudiarta yang diikuti ±600 orang, Kamis.(8/6/2023).


Kegiatan diawali dengan laporan Komandan Upacara kepada Inspektur Upacara dilanjutkan pemeriksaan pasukan serta Pembacaan Laporan Hasil Pelaksanaan TMMD Ke-116 TA. 2023 serta penyerahan hasil TMMD Ke-116 Tahun 2023 yang dibacakan oleh Dandim 1616/Gianyar Letkol Inf Eka Wira Dharmawan, Kegiatan dilanjutkan dengan Penandatanganan Berita Acara serta penyerahan hasil pelaksanaan TMMD Ke-116 yang didampingi Inspektur Upacara.


Dalam sambutanya Pangdam IX/Udayana yang dibacakan oleh Danrem 163/Wira Satya dilanjutkan dengan pernyataan penutupan pelaksanaan TMMD Ke-116 Tahun 2023 mengatakan Sebagai insan yang beriman dan bertakwa marilah kita senantiasa memanjatkan puji syukur ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa, karena atas limpahan rahmat, taufik serta hidayah-Nya pada hari ini kita diberi kesehatan sehingga dapat menghadiri Upacara Penutupan TMMD Ke-116 TA 2023 di Wilayah Korem 163/Wira Satya.


“Sebagaimana kita ketahui bersama, bahwa TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) merupakan program terpadu lintas sektoral antara TNI dengan Kementerian, Lembaga Pemerintah Non Kementerian (LPNK), Pemerintah Daerah dan komponen bangsa lainnya. Prioritas dari Program TMMD adalah daerah pedesaan yang tergolong sebagai daerah miskin/tertinggal, terpencil/terisolir, perbatasan/pulau-pulau kecil terluar dan daerah kumuh perkotaan serta daerah yang terkena bencana”. Ungkapnya.


Pangdam juga menegaskan “Program TMMD ini bertujuan membantu Pemda Kabupaten/Kota dalam percepatan pembangunan guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui sasaran fisik maupun non fisik, memantapkan Kemanunggalan TNI-Rakyat dalam rangka menyiapkan Ruang, Alat dan Kondisi Juang yang tangguh untuk kepentingan pertahanan negara serta mewujudkan ketahanan wilayah yang semakin mantap guna memperkokoh persatuan dan kesatuan bangsa”.


“Kegiatan TMMD diselenggarakan dengan melibatkan semua komponen bangsa selama satu bulan mulai tanggal 10 Mei sampai dengan 8 Juni 2023 yang menurunkan 600 Prajurit TNI tersebar di empat Kabupaten/Kota se Bali-Nusra, dengan harapan dapat menggelorakan kembali semangat gotong royong dan sebagai momentum untuk berpartisipasi dalam membantu program pemerintah, Hal ini selaras dengan tema yang diusung pada program TMMD kali ini, yaitu “Sinergi Lintas Sektoral Mewujudkan Kemanunggalan TNI-Rakyat Semakin Kuat” ucapnya.


Berbagai sasaran kegiatan yang telah dilaksanakan dalam TMMD Ke-116 TA 2023 terdiri dari sasaran fisik dan non fisik. Sasaran fisik yaitu pembangunan infrastruktur baik fasilitas umum maupun sosial. Sedangkan sasaran non fisik berupa kegiatan penyuluhan/sosialisasi berbagai materi yang dibutuhkan oleh masyarakat,ujarnya.


Pada kesempatan ini Pangdam IX/Udayana selaku Pengendali Kegiatan Operasional TMMD mengucapkan terima kasih kepada Pemda, Prajurit TNI dan Polri serta seluruh masyarakat yang turut berpartisipasi menyukseskan kegiatan TMMD ini. Selanjutnya, mewakili seluruh Prajurit TNI dan Polri, saya menyampaikan permohonan maaf apabila selama pelaksanaan TMMD ada tutur kata, tindakan maupun perbuatan prajurit yang kurang berkenan di hati masyarakat.


Ada beberapa penekanan perlu saya sampaikan setelah pelaksanaan TMMD ini agar menjadi perhatian bersama, yaitu: Pertahankan semangat kebersamaan dan kemanunggalan antara TNI-Rakyat, Lestarikan semangat gotong royong sebagai warisan budaya Bangsa Indonesia yang sudah terbina dengan baik selama ini, Pelihara hasil program TMMD Ke-116, agar manfaatnya dapat dinikmati oleh masyarakat dalam kurun waktu yang cukup panjang serta adakan perawatan bersama masyarakat di wilayah tersebut secara mandiri dan swadaya, Kepada para Dansatgas TMMD ke-116 lakukan evaluasi secara menyeluruh terhadap pelaksanaan TMMD untuk dijadikan bahan perbaikan pada TMMD mendatang, Kepada para Prajurit yang tergabung dalam Satgas TMMD, dengan selesainya kegiatan ini segera kembali ke induk pasukan masing-masing dan perhatikan faktor keamanan selama dalam perjalanan, tetap jalin komunikasi dengan masyarakat sebagai wujud kebersamaan dan menjaga tali silaturahmi.tegasnya.


(Cahaya)