Header Ads Widget

KPK

6/recent/ticker-posts

Jumat Curhat Polsek Bebandem Polres Karangasem Di Br. Dinas Dukuh, Desa Sibetan, Kecamatan Bebandem.

 



Pada hari Jumat 26 April 2024 Pukul 09.00 wita bertempat di Balai Banjar adat/dinas Dukuh Br. Dinas Dukuh, Desa Sibetan, Kec. Bebandem telah berlangsung giat Jumat Curhat yang dilaksanakan oleh Polres Karangasem dipimpin langsung oleh Kapolres Karangasem AKBP I Nengah Sadiarta, S.I.K., S.H., M.K.P. beserta anggota.


Program Jumat Curhat bertujuan untuk mendengarkan langsung dari Masyarakat, apa yang menjadi keluhan/ permasalahan yang dihadapi maupun informasi yang berkembang dimasyarakat sehingga dapat dicarikan solusi maupun jalan keluarnya terkait apa yang menjadi permasalahan. 


Kegiatan diawali dengan Pementasan Hiburan Bondres Pongah Gati ( Polisi Ngayah Ngaturang Bakti) Polres Karangasem.


Dalam kesempatan juga disampaikan terkait dengan kejadian kriminalitas di kabupaten Karangasem setiap tahunya menyentuh hingga puluhan Kasus dimana baru-baru ini terdapat pencurian yang viral di beberapa perkantoran namun kasus tersebut sudah berhasil diungkap oleh Sat Reskrim Polres Karangasem sehingga untuk mengantisipasi hal tersebut diperlukan peningkatan sistem pengamanan dimana apabila sistem pengamanan tersebut telah ditingkatkan maka kesempatan bagi para pelaku tindak kejahatan dapat ditekan dan situasi Kamtibmas di Daerah hukum Polres Karangasem tetap dalam keadaan aman dan kondusif.

 

Beberapa Masyarakat menyampaikan curhatannya

I Gede Sujana, Selaku keliang tempek Dukuh mengucapakan terimakasi atas kehadiran Bapak Kapolres beserta rombongan yang telah hadir adapun yang di ingin disampaikan dari dirinya yaitu Terkait dengan pelayanan Sim maupun samsat yang telah dilaksanakan namun kegiatan tersebut hanya sampai ditingkat kecamatan apakah program pelayanan Publik tersebut dapat diteruskan ketingkat Desa dan disampaikan juga dengan penggunaan sepeda motor oleh para siswa yang belum cukup umur apakah bisa diberikan permakluman karena sepeda motor saat ini merupakan suatu kebutuhan.


Tanggapan dari Kapolres Karangasem Terkait dengan program SIM keliling yang sudah sampai pada tingkat kecamatan namun dengan keterbatasan personil dan Kendaraan yang dipergunakan untuk SIM/ Samsat maka program tersebut baru bisa dijalankan pada tingkat kecematan namun dari pihak kepolisian sudah mengajukan ke pusat untuk menambah unit kendaraan agar program SIM/Samsat keliling tersebut bisa diteruskan ke tingkat Desa.

- Terkait dengan Penggunaan sepeda Motor oleh para siswa yang masih dibawah umur walaupun hal tersebut sudah menjadi kebutuhan tapi sesuai dengan undang-undang untuk anak yang belum cukup umur hal tersebut tetap menyalahi aturan namun kami akan memerintahkan anggota kami untuk menghimbau kepada para warga masyarakat untuk melaksanakan pendekatan secara humanis kepada para orang tua untuk memberikan pemahaman kepada anak-anaknya untuk tidak melanggar aturan yang telah ditetapkan.


I Nengah Dana Suartika selaku pecalang Desa Sibetan menyampaikan bagaimanakah seharusnya kami selaku pecalang apabila menemukan pengendara sepeda motor yang menggunakan knalpot brong, serta menanyakan hal apa saja yang diperbolehkan serta dilarang bagi dirinya yang merupakan seorang pecalang.


Tanggapan Kapolres Karangasem terkait dengan penggunaan brong kepada kapolsek agar melaksanakan pendekatan secara humanis namun apabila pendekatan tersebut tidak berhasil maka pihak kepolisian akan melaksanakan penindakan hukum berula tilang yang akan dilaksanakan oleh SatLantas Polres Karangasem.

- Terkait dengan pertanyaan mengenai hal yang diperbolehkan maupun dilarang bagi para pecalang untuk setiap kejadian pidana yang masuk dalam unsur tertangkap tangan hal tersebut dapat dilaksanakan oleh setiap warga negara dimana apabila menemukan kejadian pidana pelaku tersebut dapat ditangkap dan diserahkan kepada pihak kepolisian sedangkan yang tidak diperbolehkan adalah ketika menangkap pelaku kriminal setelah ditangkap pelaku tersebut di aniaya karena hal tersebut tetap melanggar aturan.


Penyampaian dari I Komag Edi Saputra selaku Kadus Dukuh mengucapkan terimakasih banyak atas kinerja Kepolisian yang telah mampu mengungkap kasus pencurian yang terjadi di lingkungan Br. dinas Dukuh seperti di SD N 5 Sibetan sehingga warga masyarakat dukuh merasa aman.


- Tanggapan Kapolres Karangasem Terkait dengan pengungkapan kasus pencurian tersebut diharapkan dapat memberikan rasa aman bagi warga masyarakat serta kepercayaan warga masyarakat terhadap kinerja kepolisian dapat dipandang secara positif oleh warga masyarakat.


Pada kesempatan tersebut Kapolres Karangasem memberikan pesan-pesan terkait dengan pemilu serentak yang telah dilaksanakan secara aman dan kondusif serta kedepan untuk menghadapi pemilukada yang akan dilaksanakan kami menghimbau kepada warga masyarakat untuk tetap bersama-sama menjaga situasi kamtibmas tetap aman dan kondusif walaupun memiliki pilihan yang berbeda.


Diakhir Kegiatan dilaksanakan Penyerahan Paket Sembako Berjumalah 15 Paket Sembako serta 2 paket perlengkapan busana pemangku kepada masyarakat dan melaksanakan giat Foto bersama.


Giat berakhir pada pukul 11.00 wita berlangsung dengan aman dan lancar. 


Polsek Bebandem.



(Cahaya)