Header Ads Widget

KPK

6/recent/ticker-posts

Jumat Curhat Polsek Kuta Selatan Bahas Kamtibmas dan Pencegahan Kejahatan di Desa Pecatu

 



Pecatu, Badung - Kanit Binmas Polsek Kuta Selatan, IPTU I Wayan Suwita, S.H., bersama Panit I Binmas IPDA I Wayan Kanten,  menggelar kegiatan Jumat Curhat di Aula Kantor Desa Pecatu, Kecamatan Kuta Selatan, Kabupaten Badung, pada hari Jumat (26/4/2024) pukul 10.00 WITA.Kegiatan ini dihadiri oleh kaur perencanaan I Nyoman Tri Juliana,A.Md., Kelian Br Labuan Sait Adi Pradana, serta puluhan angota linmas dan Pkk serta pemangku desa adat labuan sait desa pecatu kuta selatan badung.



Dalam dialognya, Kanit Binmas membahas situasi Kamtibmas di wilayah Kuta Selatan, khususnya di Desa Pecatu. Beliau menyampaikan bahwa masih terdapat beberapa tindak kejahatan yang terjadi, seperti pencurian kendaraan bermotor (curanmor) , jambret dan aksi kebut-kebutan di jalan raya.



Kanit Binmas mengajak warga untuk meningkatkan kewaspadaan dan menjadi "polisi bagi diri sendiri" untuk membantu mencegah terjadinya kejahatan. Beliau juga menghimbau orang tua untuk mengawasi anak-anak mereka agar tidak terlibat dalam aksi kebut-kebutan yang membahayakan diri sendiri dan orang lain.



Pada sesi tanya jawab, kaur perencanaan I Nyoman Tri Juliana,A.Md., mengusulkan agar tempat tempat yang diagap rawat kejahatan seperti jambret agar lampu penerangan jalannya di tambahkan.



Kanit Binmas merespon dengan menekankan pentingnya menghilangkan kesempatan bagi pelaku kejahatan. Beliau menjelaskan bahwa kejahatan biasanya terjadi karena adanya dua faktor, yaitu niat dan kesempatan. Oleh karena itu, warga perlu mengurangi kesempatan dengan meningkatkan kewaspadaan.



Berikut beberapa tips dari Kanit Binmas untuk terhindar dari curanmor maupun jambret  yaitu : Saat memarkirkan sepeda motor, kunci stang dengan double lock.

Saat meninggalkan rumah, pastikan gerbang, pintu, dan jendela tertutup rapat dan terkunci,Pasang tralis pada jendela dan CCTV di sekitar rumah.

Kanit Binmas juga menghimbau warga untuk saling menjaga keamanan lingkungan dengan bergotong royong dan meningkatkan komunikasi antar warga serta pengusaha untuk mengarahkan CCTVnya ke arah jalan raya, yang mana akan sangat mendukung usaha polri nantinya dalam mengungkap suatu pidana .



Jumat Curhat ini merupakan program dari mabes polri serta diharapkan dapat meningkatkan partisipasi masyarakat dalam menjaga keamanan dan ketertiban di wilayah Desa Pecatu.





(Cahaya)