Header Ads Widget

KPK

6/recent/ticker-posts

KANIT SAMAPTA DAN KANIT BINMAS POLSEK BEBANDEM MENGHADIRI UNDANGAN PARUMAN DESA ADAT BEBANDEM TERKAIT TAUR KESANGA DAN NYEPI TAHUN CAKA 1945

 



Polres Bebandem-Polsek Bebandem Pada hari Senin tanggal 13 Maret 2023 Pukul 09.00 wita Telah berlangsung Kegiatan *Paruman / Rapat Desa Adat Bebandem Pembahasan Taur Kesange dan Penyepian tahun Caka 1945* Bertempat di Wantilan Pura Bale Agung Desa Adat Bebandem, Desa dan kecamatan Bebandem, Kab. Karangasem. 


Kegiatan di buka Oleh Sekretaris Desa Adat I Kadek Dwi, Sekaligus  menyampaikaan Agenda Paruman  Pembahasan Taur kesange dan Penyepian tahun Caka 1945, Dengan harapan Adanya Paruman tersebut dapat menciptakan situasi yang aman pada saat Pelaksanaan Pengerupukan serta hari raya nyepi dapat berjalan dengan lancar. 


Penyampaian Kanit Samapta Polsek Bebandem yang intinya menyampaikan  arahan dari Forkopimda mengenai waktu pelaksanaan Pengarakan Ogoh - ogoh agar bisa dilakukan pembatasan waktu berakhir yaitu pada pukul 22.00 wita. 

Dalam kesempatan tersebut juga di sampaikan terkait Keamanan dari pihak Kepolisian siap melakukan pengamanan demi kelancaran kegiatan.


Hasil Paruman


1.  Upaya yang dilaksanakan dari   Desa Adat sendiri untuk kegiatan Pecaruan di Catus Pata ( Simpang Terminal Bebandem) dilaksanakan lebih awal yaitu  pada pukul 13.00 wita dan akan diperkirakan  selesai pada pukul 16.00 wita, sehingga nantinya kegiatan di masing-masing banjar Adat bisa dipercepat. 


Terkait Pelaksanaan pengarakan Ogoh - ogoh Desa Adat menegaskan


Sebelum Pengarakan Ogoh - Ogoh Agar Ogoh - Ogoh di lakukan Upacara ( Dipralina ) di masing masing Banjar Adat. 

Dilarang Membawa Kembang Api Maupun Petasan. 

Melarang Warga ( Pemuda) yg akan Mengarak ogoh ogoh melaksanakan Minum minuman Keras.

Keliang Banjar, Kerama 40 ( Kerama petangdasa) Agar Mengawal Kegiatan Pengarakan Ogoh - Ogoh. 

Dilarang Membuat Ogoh Ogoh yang Bernuasa Politik / Berwujud Tokoh Politik Atau Partai Politik. 

Para Pengarak Ogoh - Ogoh Agar menjaga Keamanan pelaksanaan Pengarakan Ogoh - Ogoh. 


Terkait Dengan  kegiatan Tapakan Ida Betara  ( Sesuunan Masung Masing Banjar) yang akan melaksanakan meyang yang ( keliling banjar dan ke pura Dalem) dilaksanakan pada pukul 24.00 Wita setelah selesai Pengarakan Ogoh - Ogoh. 

Kegiatan berjalan dengan aman, tertib dan lancar, berakhir pukul 11.40 Wita. 


(Cahaya)