Header Ads Widget

KPK

6/recent/ticker-posts

Waka Polres Bangli pimpin Rapat Internal, Pam menjelang perayaan Nyepi Saka 1945 tahun 2023

 



Polda Bali, Polres Bangli

Bertempat di ruang rapat utama Polres Bangli dilaksanakan Rakor internal menjelang pelaksanaan perayaan hari raya Nyepi tahun baru Saka 1945 di wilayah Kab. Bangli yang dipimpin Waka Polres Bangli Kompol I NYOMAN GATRA, S.H,. M.H., diikuti oleh para PJU dan Kapolsek jajaran Polres Bangli.  Senin, 13/3/2023


Acara dibuka oleh Waka Polres Bangli Kompol Nyoman Gatra, SH., MH  dilanjutkan paparan rencana  pengamanan oleh Kabag OPS Polres Bangli Kompol Ketut Maret SH.


Kemudian kegiatan penyampaian dari masing masing Polsek terkait situasi dan rencana pengamanan masing masing wilayah.


Waka Polres Bangli  menyampaikan   hasil Rakor intern  bahwa Sampai saat ini jumlah ogoh-ogoh di Kabupaten Bangli 443 dengan rincian  di Kec. Bangli 100 ogoh-ogoh, Kec. Susut 79 ogoh-ogoh,  Kec. Kintamani 124 ogoh-ogoh, Kec. Tembuku 140 ogoh-ogoh yang tersebar dimasing masing desa se-kabupaten Bangli.


Dalam pelaksanaan upacara mekiis/melasti, hanya ada 2 (dua) desa adat yang melaksanakan upacara mekiis/melasti kepantai watu klotok Klungkung yakni desa adat Peninjoan dan desa adat Pulasari Tembuku, sedangkan yang lainnya melaksanakan di sumber mata air/lingkungan desa adat setempat. 


Para Kapolsek agar maping kembali potensi kerawanan pelaksanaan pawai ogoh-ogoh di wilayah masing-masing dan melakukan penggalangan kepada tokoh masyarakat serta mengoptimalkan peran sipandu beradat. 


Pelibatan personil secara maksimal pada saat pelaksanaan upacara pengerupukan/pawai ogoh-ogoh. 


Ditegaskan oleh Waka Polres Bangli untuk Pelaksanaan tugas personil pada hari raya nyepi tidak hanya dilakukan oleh personil yang beragama muslim karena umat muslim juga mulai melaksanakan puasa dan Pada saat hari ngembak geni, fokus pengamanan agar dilakukan di desa wisata Penglipuran dan obyek wisata penelokan Kintamani. Jelasnya.

(Cahaya)